Rabu, 21 Agustus 2013

Kista Ateroma

Saya pernah mengalami adanya benjolan di kepala saya. Dulu kecil namun seiring waktu dan umur bertambah besar. Bentuknya mirip tahi lalat. Untuk mencegah supaya tidak bertambah besar maka saya di sarankan agar melakukan oprasi kecil. Kata dokter itu adalah Kista Ateroma.

Apakah itu kista Ateroma?
Kista ateroma terbentuk dari kelenjar sebaseus yang muaranya tersumbat. Oleh karena itu, kista ateroma tersifat dengan adanya penonjolan yang lengket pada kulit (dermis) yang paling dangkal dari permukaan. Jika di cari dengan teliti, akan sering ditemukan titik kebiruan (puncta) di puncak penonjolan tersebut yang merupakan muara kelenjar yang tersumbat.

Tanda - tanda dari Kista Ateroma
- Kista berbentuk benjolan menonjol di permukaan kulit
- Berisi material semi padat (keratin, bahan pembentuk kulit, rambut, dan kuku)
- Permukaan kista lembut
- Diameter 1-4 cm tergantung lamanya
- Jika kista terinfeksi, maka akan berwarna merah terang
- Kista ateroma biasanya memiliki sebuah lekukan atau bercak gelap di tengah-tengahnya. 
- Kalau ditekan tidak ada rasa sakit/perih

Kista ini sebenarnya pembengkakan folikel rambut yang terisi denga substansi-substansi yang berbau busuk, buruk dan pucat termasuk protein keratin, yang kadang-kadang merembes keluar. Terkadang kista ateroma muncul pada wajah dan tubuh, namun jangan khawatir sebab kista ini tidak berbahaya. Dengan ukuran bermacam-macam mulai dari 1 sampai 4 sentimeter, kista ateroma bisa bertambah besar atau menghilang dengan sendirinya. Dan kista tersebut bisa terinfeksi/atau tumbuh begitu besar, lunak, dan meradang sehingga harus dikeringkan atau diangkat.
Meski tidak berbahaya, setiap benjolan kulit yang baru tumbuh atau berubah pada tubuh, sebaiknya diperiksa oleh ahli dematatologi untuk mencegah terjadinya kanker.
Ekstirpasi harus hati-hati karena dinding kista ateroma adalah selapis tipis sel-sel kelenjar, dan sangat mudah pecah. Yang terpenting, dinding tersebut harus terangkat seluruhnya, karena jika ada dinding yang tertinggal akan ada residiv. Jika pernah ada riwayat meradang, akan banyak pelengketan di sekitarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar