Jumat, 23 Agustus 2013

Makanan Pencegah Radikal Bebas



Radikal bebas adalah atom atau senyawa yang mengandung satu atau lebih elektron yang tidak berpasangan. Contohnya  seperti radikal bebas superoksida, hidroksil, nitroksida dan masih banyak lagi. Senyawa paling berbahaya dalam radikal bebas adalah hidroksil (OH) sebab memiliki reaktivitas paling tinggi. Molekul tersebut sangat reaktif dalam mencari pasangan elektronnya. Jika sudah masuk dalam tubuh, maka akan terjadi reaksi berantai dan menghasilkan radikal bebas baru yang akhirnya membentuk suatu radikal bebas dalam jumlah yang banyak. 

Radikal bebas banyak terdapat dilingkungan hidup kita dan tidak dapat dicegah, terutama  di kota-kota besar jumlah radikal bebas lebih banyak. Radikal bebas sangat berbahaya karena dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Sel dalam tubuh akan diganggu oleh keberadaan radikal bebas ini, sehingga terjadi mutasi sel yang radikal dan kelainan fungsinya  seperti turunnya daya tahan tubuh terhadap penyakit sampai kanker, tumor , dan lain – lain.

Namun radikal bebas ini dapat kita cegah dari dalam diri kita sendiri. Caranya? Kita harus sering mengkonsumsi makanan yang dapat meingkatkan antioksidan untuk tubuh kita.  Antioksidan merupakan zat penghancur atau penangkal dari radikal bebas. 

Jenis makanan yang mengandung antioksidan dapat diperoleh dari jenis buah dan sayuran yang terdapat mengandung vitamin A, C, E, juga dari berbagai sumber makanan lainya. Jenis makanan penangkal radikal bebas dari vitamin A antara lain : Wortel, Brokoli, Bayam, Labu, Mangga, Sayurah hijau, Kentang, Telur dan Ikan. Sementara buah-buahan yang baik sebagai antioksidan dan mengandung Vitamin A adalah Semangka. Selain itu juga mangga, anggur dan pepaya.

    Bahan makanan lain yang mengandung Vitamin C adalah :
    - Merica
    - Cabe
    - Jambu biji
    - Kiwi
    - Brokoli
    - Touge
    - Kesemek
    - Pepaya
    - Strowberi
    - Jeruk keprok
    - Lemon
    - Bunga kol
    - Bawang Putih
    - Anggur
    - Tomat
    - Buah pir
    - Raspberi
    - Nanas

Vitamin C secara kuat dapat melemahkan radikal bebas serta mempunyai peran yang sangat penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Bahan makanan yang kaya akan antioksidan yang berasal dari Vitamin E antara lain :
Asparagus, avokad, buah zaitun, bayam, kcang-kacangan, biji-bijian, minyak sayur, dan sereal. Penangkal radikal bebas dari sumber makanan yang mengandung polifenol adalah teh, coklat, anggur, kulit buah, delima, wine.

Bahan makan lain yang berperan sebagai antioksidan adalah berupa rempah-rempah diantaranya jahe, temulawak, lengkuas, kunyit, temu putih, temu mangga, kencur kapulaga, bangle, temu giring, lada, cengkeh, pala, asam jawa, dan asam kandis.

Selain itu bahan makanan seperti lobak, pare, buncis, jagung, kangkung, mentimun, markisa, takokak, ubi jalar, kedelai, keluwak, petai China juga merupakan bahan makanan yang mengandung antioksidan.

Sedangkan cengkeh merupakan bahan yang memiliki kandungan antioksidan tertinggi dan membantu untuk pencegahan kanker dan anti polutan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar