Jumat, 16 Agustus 2013

Kanker kolon dan rektum dari bakteri di mulut

Berdasarkan hasil penelitian dari Cell Host & Microbe menyatakan bahwa bakteri dalam mulut dapat memicu kanker kolon dan rektum. Bakteri ini bernama "fusocateria" pada mulut. Bakteri ini membuat rangsangan respon kekebalan dan menumbuhkan gen kanker sehingga membentuk tumor kolon dan rektum.Penelitian terbaru menunjukkan "fusobacteria" dari mulut sangat banyak ditemukan pada jaringan pasien yang terkena kanker kolon dan rektum meski demikian belum diketahui apakah bakteri tersebut berkontribusi dalam pembentukan tumor.

Menurut Professor Yiping Han dari Case Western Reserve University School of Dental Medicine , menemukan molekul FadA pada permukaan bakteri fusobacteria. Fungsi FadA ini untuk menyerang sel kanker kolon dan rektum.

Pada percobaan menggunakan tikus, bakteri ini mempercepat pembentukan tumor dengan menarik sel-sel imun yang disebut sel myeloid, yang menyerang tumor dan merangsang respon inflamasi yang dapat menyebabkan kanker.

Di USA penyakit ini mendapatkan peringkat ke 2 mematikan. Untuk itu guna mencegah penyakit kanker kolon dan rektum ini maka sangant dianjurkan untuk menjaga kebersihan mulut. Seperti menyikat gigi 2X sehari ketika bangun tidur pagi dan sebelum tidur malam. Tidak salah juga jika anda berkumur dengan antibakteri penyegar mulut . Air perasan kunyit juga bermanfaat sebagai pembersih mulut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar