Senin, 12 Agustus 2013

Bahaya Polusi Bagi Kesehatan

Udara bersih sangat dibutuhkan setiap makhluk hidup di dunia ini terutama manusia, namun udara bersih bebas polusi kian lama kian sedikit. Ini bisa kita lihat dari Global Warning yang membuat iklim dan kondisi alam dunia ini kian kacau. Musim hujan dan kemarau tidak lagi datang menentu, belum lagi naiknya permukaan air akibat pemanasan global.

Bila anda tinggal di kota-kota besar maka udara bersih sangat sulit didapat. Tanpa sadar setiap hari anda menghirup udara-udara yang sudah bercampur dengan polusi kendaraan. Hal ini sangat membahayakan kesehatan kita sendiri. Berbagai penyakit dapat mengancam setiap saat seperti daya tahan tubuh menurun. TBC sampai yang terparah kanker.

Dampak dari polusi kendaraan : 
1. Karbon Monoksida
Gas beracun yang dapat menyebabkan  rasa sakit pada mata, saluran pernafasan dan paru-paru. Jika masuk ke dalam darah melalui pernafasan, karbon monoksida bereaksi dengan  hemoglobin dalam darah membentuk COHb (karboksihemoglobin) dan dapat menyebabkan kematian bila melewati ambang batas.

2. Oksida Belerang
Belerang ini bukan untuk kesehatan kulit yang biasa orang gunakan namun ini belerang oksida, apabilaterisap oleh pernapasan, akan berekasi dengan air dalam sluran   pernapasan dan membentuk asam sulfatyang akan merusak jaringan dan menimbulkan rasa sakit. Oksidasi belerang juga dapat larut dalam air hujandan menyebabkan hujan asam.

3. Oksida nitrogen
NOx bereaksi dengan bahan-bahan pencemar lain dan menimbulkan fenomena asap-kabut atau smog. Smog menyebabkan iritasi pada mata , gangguan saluran pernapasan, pada tanaman membuat layu, padabarang-barang dapat menurunkan kualitas materi (muncul karak/noda).
Bagi anda yang tinggal di Indonesia seperti Jakarta yang padat akan kendaraan maka tidak ada salahnya ada berjaga-jaga demi kesehatan anda. Sepeti memakai masker penutup mulut dan hidung agar polusi dapat mengurangi polusi yang masuk melalui pernafasan. Selain itu anda dapat mengurangi dampak polusi yang sudah terlanjur masuk ke dalam tubuh anda dengan memakan makanan sehat seperti sayur- sayuran dan buah-buahan. Kurangi makanan fastfood.

Untuk supplement juga dapat membantu untuk kesehatan anda. Seperti salah satunya jamu. Jamu kunyit asam manis merupakan salah satu yang dapat mengurangi dampak radikal bebas dari polusi yang ada dalam tubuh anda, serta meningkatkan daya tubuh.

Sehat selalu bersama Kunyit Asama Manis ErikaDrink

Tidak ada komentar:

Posting Komentar