Rabu, 17 Juli 2013

Tips Sabar untuk Kesehatan

Ada yang bilang orang pemarah biasanya cepat stress dan sakit darah tinggi. Mungkin kata-kata tersebut ada benarnya karena akibat emosi/amarah yang biasanya berujung pada naiknya tingkat stress. Stress ini dapat membuat kesehatan kita menurun. Sakit yang disebabkan dari emosi yang berlebihan biasanya : darah tinggi, mag, sulit tidur, stroke, jantungan, gangguan fungsi reproduksi.
Memang orang tidak boleh marah? Boleh saja selama masih di ambang batas namun ada beberapa tips agar kita dapat mengontrol tingkat emosi kita. Berikut tipsnya :

1. Sabar
Tidak semua orang bisa "sabar" namun bukan berarti tidak bisa. Dengan mengkedepankan kata "no body perfect (tidak ada yang sempurna)" bisa menjadi tips jitu. Di dunia ini tidak ada yang sempurna sesuai dengan harapan dan keinginan kita 100%. Selalu ada kekurangannya. Bila kita ingin marah entah kepada orang lain atau diri kita sendiri, katakan dalam hati bahwa "no body perfect" agar anda dapat menerima semua itu.

2. Introspeksi diri sendiri
Memang paling mudah melihat dan menyalahkan kesalahan yang kita lihat kepada orang lain dari pada melihat kedalam diri kita sendiri. Sebelum emosi anda memuncak karena melihat kesalahan pada orang lain, cepat-cepat dalam pikiran anda untuk melakukan Introspeksi diri sendiri. Siapa tau kesalahan sebenarnya ada pada diri atau mungkin anda dan orang tersebut? Introspeksi diri dapat menstop emosi yang berlebihan.

3. Perbanyak makan sayur
Makan sayur? Apa hubungannya dengan naiknya emosi? Menurut penelitian orang-orang yang lebih banyak mengkonsumsi sayur - sayuran lebih penyabar ketimbang yang kurang makan sayur- sayuran. Contohnya biksu-biksu yang memang diajarkan untuk selalu menjadi vegetarian. Sebab daging mempunyai kandungan yang dapat menaikkan hormon yang memacu tingkat emosi naik bila terlalu banyak di konsumsi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar