Rabu, 14 Agustus 2013

Bahaya minuman soda untuk kesehaatan

Minuman soda merupakan makanan yang sangat digemari oleh semua dari segala umur karena minuman soda memiliki rasa yang enak karena memberikan rasa manis segar. Coba saja orang ditawarkan antara jamu dan minuman soda, sudah di pastikan rata-rata orang lebih suka minuiman soda.

Namun dibalik kenikmatan minuman soda ada bahaya bagi kesehatan yang mengancam. Bagi orang yang meminum minuman soda terlalu sering akan membuatnya ketagihan/kecanduan dan dalam jangka panjang mengakibatkan obesitas serta pengeroposan tulang.

Berdasarkan riset badan kesehatan, ada beberapa dampat yang diakibatkan kalau minuman soda dikonsumsi dalam jumlah banyak :


1. Kadar kalori dan kadar gula yang tinggi
Orang-orang yang gemar meminum soda rata-rata memiliki berat tubuh yang cendrung diluar batas wajar / kegemukan. Ini disebabkan kandungan minuman soda terdapat 250 kalori per 600ml , tidak ada kadar nutrisi dan mineral didalamnya. Dengan kata lain anda hanya meminum gula.

2. Kadar minuman soda meningkatkan produksi urine
Minuman soda memiliki sifat diuretik dimana membuat cairan didalam tubuh akan banyak dibuang melalui urin, yang  bisa menyebabkan dehidrasi (berkurangnya / hilangnya cairan tubuh)

3. Kandungan soda mengikis kalsium tulang dan gigi
Soda dapat menyebabkan pengikisan lapisan kalsium dalam tulang dan gigi bila minuman soda di konsumsi terus menerus yang pada akhirnya membuat penurunan kepadatan tulang akan memicu risiko radang sendi dan osteoporosis.

5. Kandungan soda membuat erosi pada lambung
Erosi dalam lambung dan sistem pencernaan dapat mengakibatkan gangguan seperti perut mual, kembung bahkan mag.

6. Merusak ginjal dan jantung
Kandungan natrium pada soda tidak baik untuk kesehatan ginjal dan jantung.

7. Diabetes
Kandungan minuman soda mengandung kadar gula yang tinggi sehingga mengkonsumsinya dapat mengakibatkan diabetes . Selain itu memberikan efek kafein , seperti insomnia, tekanan darah tinggi dan denyut jantung tidak teratur.

Nah kalo sudah tau dampak buruk dari minuman soda, mulai sekarang berhentilah terlalu sering mengkonsumsi minuman soda demi kesehatan anda. Ada lebih banyak minuman sehat dan baik untuk kesehatan anda seperti jamu dan teh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar